Pemerintahan

Segera Miliki Perguruan Tinggi, Wagub Sumut Sebut PAB Bantu Majukan Pendidikan

MEDAN – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi dan mendukung penuh rencana Perkumpulan Amal Bakti (PAB) untuk segera memiliki Perguruan Tinggi. Dirinya menilai hal tersebut merupakan salah satu upaya yang membantu memajukan pendidikan di Sumut, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Sumut.

“Kita selaku Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sudah pasti sangat mendukung dan mengapresiasi. Karena memang, pendidikan adalah salah satu sektor yang menjadi prioritas kita,” ujar Wagub saat menerima rombongan PAB di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (19/6).

Wagub kemudian mengingatkan, apabila target untuk memiliki perguruan tinggi nanti telah terwujud, PAB juga harus senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas program dan aktivitas belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut. “Jangan sekadar punya perguruan tinggi saja, tapi juga harus berkualitas,” ucapnya.

Kualitas ini, kata Musa Rajekshah, tidak hanya terkait pada sarana dan prasarana. Tetapi juga, tenaga pendidik dan mahasiswa. Dengan demikian, akan lahir nantinya SDM-SDM unggul dan membantu mempercepat pelaksanaan pembangungan di Sumut.

Musa Rajekshah juga memuji PAB yang sejak dahulu telah konsisten berkontribusi untuk pendidikan. “Semoga konsistensi ini juga akan terus berlanjut di masa depan dan usaha untuk memiliki perguruan tinggi segera terwujud,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PAB Ahmad Nasution menyampaikan bahwa PAB didirikan pada 1 Januari 1956 oleh sekelompok pemuka masyarakat dan guru agama atas dasar keprihatinan terhadap dunia pendidikan, serta rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

“Saat ini, sekolah kita untuk SD jumlahnya sudah 38, SMP 36, SMA/SMK 25, dan saat ini ya sedang mengusahakan untuk miliki perguruan tinggi. Kita sudah peroleh surat rekomendasi juga dari Kopertis Wilayah I, dalam waktu dekat akan segera terwujud, tinggal menunggu keputusan Dikti. Insya Allah lancar, semoga Bapak dan Pak Gubernur bisa hadir saat peresmian,” harapnya.

Lebih lanjut, Ahmad memaparkan, bahwa perguruan tinggi yang akan dimiliki PAB ini bukan perguruan tinggi baru. Melainkan, peralihan dari Sekolah Tinggi Cipta Bangsa Aceh Utara. Turut hadir dalam audiensi tersebut Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus, Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Pemprov Sumut Baharuddin Siagian, dan mewakili Dinas Pendidikan Pemprov Sumut.

Lihat Lainnya

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close