Sumut MelalakWisata

Segarnya Air Terjun Di Antara Kebun Teh Sidamanik

Simalungun terkenal dengan kebun teh. Hal ini disebabkan kebun teh di Simalungun yang dikelola oleh PTPN IV merupakan kebun teh terbesar di Indonesia

Simalungun terkenal dengan kebun teh. Hal ini disebabkan kebun teh di Simalungun yang dikelola oleh PTPN IV merupakan kebun teh terbesar di Indonesia. PTPN IV merupakan produsen terbesar kedua teh hitam di Indonesia dengan luas area 6.373,29 ha di ketinggian 800-1100 mdpl. Dari jalan lintas Pematang Siantar-Kabanjahe Anda akan disuguhkan pemandangan kebun teh yang sejuk dan asri. Selanjutnya jika Anda menelusurinya akan ditemukan surga-surga kecil yang menanti seperti air terjun.

Berjarak sekitar 25 km dari Pematang Siantar ke arah Sidamanik ada pemandian Bah Damanik. Sekarang ini adalah primadona wisata pemandian di daerah Simalungun, airnya yang sangat sejuk dan jernih bagaikan kristal menjadi daya tarik utama Bah Damanik.

Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan, tetapi Anda perlu waspada agar tidak tersasar karena bila kesasar Anda harus memutar jauh atau melewati jalan offroad untuk mempersingkat waktu. Intinya Anda harus rajin melihat GPS sembari bertanya dengan masyarakat setempat. Satu hal lagi, jalan menuju lokasi wisata ini tidak terlalu bagus, sehingga jarak tempuh bisa menjadi satu jam dari Pematang Siantar.

Air yang jernih merupakan daya tarik utama Bah Damanik, Anda tidak akan bosan-bosan bermain-main air di tempat ini, melihat ikan yang berenang di pemandian ini tanpa alat apapun karena airnya yang transparan. Bila Anda memiliki kamera yang cukup baik, pemandangan di Bah Damanik bisa diabadikan dengan hasil yang luar biasa atau Anda bisa mengeksplor dengan kamera yang bisa beroperasi di dalam air hasilnya akan lebih luar biasa.

Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, udara di pemandian Bah Damanik sejuk, sehingga airnya juga tergolong dingin, bahkan karena beningnya air di sini Anda bisa melupakan dinginnya udara.

Jalan masuk ke Bah Damanik agak tidak biasa, jalannya seperti masuk ke pemukiman warga, banyak yang tidak menyangka jalan masuknya seperti ini, tetapi semua tanda tanya Anda dan kelelahan akan terbayar ketika sudah melihat Bah Damanik.

Pemain Bah Damanik merupakan tempat pemandian alam yang belum sepenuhnya selesai pembangunannya. Pengelolaannya juga sepertinya masih pribadi sehingga penataannya belum sempurna. Untungnya pengelola tidak terlalu banyak merubah tempat ini sehingga masih terjaga keasriannya.

Bila sudah bosan bermain air bening di Bah Damanik kita bisa bergerak sedikit ke arah perkebunan teh PTPN IV, tepatnya di Desa Babiak, perkebunan teh Bah Butong. Di sini ada Air Terjun Bah Biak, air terjun yang memberikan sensasi berbeda karena memiliki beberapa tingkat. Tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 atau 6 meter, tetapi sejuknya Air Terjun Bah Biak memberikan kesan yang berbeda.

Lokasinya tidak jauh dari jalan raya perkebunan Bah Butong PTPN IV, hanya saja Anda memang lebih baik bertanya kepada penduduk setempat agar tidak tersasar, maklum daerah perkebunan teh seperti ini selalu tampak mirip. Bila jalan yang Anda pilih benar, hanya berjarak sekitar setengah kilometer dari jalan raya, Sampai Anda menemukan tulisan Sidamanik di tengah perkebunan teh. Dari sini Anda harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer dengan medan yang tidak terlalu sulit.

Ada yang agak disayangkan di Air Terjun Bah Biak ini, dia hampir kehilangan kealamiannya karena pengelola membangun beberapa tempat peristirahatan yang kurang pas posisinya. Begitu juga dengan tambahan beberapa arena permainan anak-anak air terjun ini sedikit kehilangan kesan natural. Bila air terjun ini didesain dengan baik akan jauh lebih menarik karena punya potensi yang luar biasa.

Ini hanya secuil surga di Simalungun, di area yang tidak berjauhan Anda bisa mendapat tiga objek wisata yang tidak akan terlupakan, pertama kebun teh PTPN IV, Pemandian Bah Damanik dan Air Terjuan Bah Biak. Anda tidak akan menyesal mengunjungi tempat-tempat luar biasa ini. (*)

Tags
Lihat Lainnya

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close