Idul Adha

Peduli Terhadap Nasib ADHA, Nawal Edy Rahmayadi Dinobatkan Sebagai Ibu Asuh ADHA

MEDAN – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi dinobatkan sebagai Ibu Asuh bagi kelompok Anak dengan HIV/AIDS (ADHA) oleh Forum Peduli ADHA Sumut, Rabu (7/8), di Kantor Yayasan Medan Plus, Jalan Bunga Wijaya Kesuma No 108 Medan. Nawal dinilai memiliki kepedulian yang tinggi terhadap nasib dan kondisi para ADHA.

Penobatan ini ditandai dengan penyematan pin pita merah oleh Ketua Forum Peduli ADHA Sumut Saurma Siahaan kepada Nawal Edy Rahmayadi yang juga didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. Selain itu, Nawal juga menerima piagam penghargaan dari Medan Plus yang diserahkan Eban Totonta Kaban selaku pembina.

“Kami semua di Medan Plus merasa sangat bangga sekaligus merasa terhormat menerima kedatangan dan menerima bantuan dari Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Sumut. Hal ini merupakan sejarah, karena sejak belasan tahun berdiri, baru kali ini kami menerima kunjugan dari Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Sumut ,” ucap Eban, usai menyerahkan piagam penghargaan.

Nawal Lubis mengucapkan terima kasih atas sambutan dan penghargaan yang ia terima. Baginya, memperoleh gelar sebagai Ibu Asuh ADHA merupakan sebuah kehormatan sekaligus amanah besar untuk menyelesaikan isu tersebut. Dirinya kemudian menyampaikan apresiasi kepada pengurus Medan Plus yang telah bersungguh-sungguh melakukan pendampingan terhadap ADHA, Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), dan Orang Hidup dengan HIV/AIDS (OHIDHA).

“Seperti tagline kalian, teruslah berjuang, sama-sama kita berjuang, hingga stigma dan diskriminasi terhadap ODHA di tengah masyarakat terhapuskan. Seperti kita, mereka juga memiliki hak yang sama untuk hidup layak di tengah masyarakat,” ucapnya.

Kepada para ADHA, ODHA, dan OHIDHA yang hadir Nawal memberikan motivasi agar tidak berkecil hati dan senantiasa tabah dalam menerima cobaan yang mereka terima. “Kita punya Tuhan yang akan selalu melindungi kita, tetap semangat dan terus berdoa,” kata Nawal menyemangati.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumut Rajali menyampaikan bahwa kunjungan yang dilaksanakan Ketua TP PKK Provinsi Sumut beserta rombongan hari ini juga merupakan salah satu rangkaian dari Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Pemerintah Provinsi Sumut berbagi dengan menyerahkan bantuan nutrisi sebanyak 100 paket. Juga, tambahan 20 paket gizi masing-masing bernilai Rp1.095.000. “Selain itu, bantuan berupa keperluan sandang juga diserahkan oleh Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Sumut  kepada ADHA,” jelas Rajali.

Pemprov Sumut berkordinasi dengan Kemensos RI juga mendatangkan bantuan melalui Balai Rehab ODHA Bahagia Kemensos RI yang diserahkan Sri Wibowo selaku Kepala Balai kepada Medan Plus. Bantuan terdiri dari bantuan kemandirian ODHA dengan total 300 juta rupiah, bantuan komunikasi informasi edukasi dengan total Rp175 juta, bantuan penjangkauan ODHA senilai Rp57 juta, dan bantuan UFP senilai Rp130 juta.

Acara pertemuan tersebut dilanjutkan dengan ramah-tamah oleh Nawal dan Sri Ayu bersama para ADHA. Suasana akrab terlihat menyelimuti ruangan pertemuan, anak-anak ditantang untuk bernyanyi lagu-lagu kemerdekaan. Para ADHA pun bersemangat, mereka sangat percaya diri dan berani untuk maju dan bernyanyi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut, ASN Dinas Sosial Pemprov Sumut, rombongan PKK Sumut dan Dharma Wanita Sumut, jajaran Balai Rehab ODHA Bahagia Kemensos RI, para pengurus Medan Plus, anggota Forum Peduli ADHA, para ADHA dan ODHA.

Lihat Lainnya

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close