Cara Menggabungkan PDF Menjadi Satu (Gratis)

Cara Menggabungkan PDF – PDF adalah salah satu jenis file yang seringkali digunakan dan dibutuhkan oleh kebanyakan orang. File pdf ini sering digunakn untuk mengurus pekerjaan, menyetorkan tugas dan berbagai kegiatan yang lainnya. Pdf ini sendiri sangat sering digunakan tak hanya karena sangat simpel untuk digunakan. Format ini juga memiliki suatu keunggulan yang mana salah satunya yaitu bisa langsung di cetak dari perangkat yang sedang anda pakai.

Terdapat beberapa cara yang dapat anda ketika mengirim file pdf, yang mana terdapat ada dari beberapa orang yang meminta unutk mengagabungkan beberapa file pdf menjadi satu. Mungkin dari sebagian orang ada yang sudah mengerti cara menggabungkan file tersebut. Namun masih ada banyak orang yang masih belum tahu cara menggabung beberarapa file ini menjadi satu. Sehingga banyak juga untuk melakukan hal ini dari sebagaian orang menganggap nya sulit.

Namun disini anda tidak perlu khawatir, sebab dengan seriringnya perkembangan teknologi ada banyak aplikasi maupun website yang bisa memudahkan anda dalam mengedit file tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menggambungkan file pdf.

Cara Menggabungkan PDF

Disini saya aka membagikan beberapa cara untuk menggabungkan file pdf, yang bisa anda lakukan dengan menggunakan komputer atau laptop, dan bisa juga dengan menggunakan smsrtphone android. Mari simak pembahasanya dengan menggunakan kedua perangkat tersebut.

Cara Menggabungkan PDF Via Komputer atau Laptop

Untuk menggabungkan kedua file jenis ini mejadi satu, akan menjadi lebih mudah apabila anda mengeditnya menggunaka komputer atau laptop. Sebab ada banyak sekali aplikasi software yang bisa membantu anda dalam mengedit file dengan bebagai macam format. Yang mana beberapa software yang bisa anda gunakan untuk menggabbungkan file pdf ini diantaranya yaitu:

Adobe Reader

Aplikasi yang bisa ad=nda gunaan untuk menggambungkan file dengan menggunakan pc/ laptop yaitu bernama adobe reader. Software ini juga termasuk dalam jenis software yang dikembangkan dari vendor adobe. Yang mana wendor adobe ini sendiri merupakan termasuk dalam salah satu perushaan perngakat lunak terbesar yang ada di dunia. Keunggulan yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu bisa dipakai untuk manggabungkan file menjadi satu. Berikut cara penggunaannya.

  1. Pastikan perangkat anda sudah terinstal software adobe reader ini, jika belom anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu.
  2. Buka softwarenya lalu pilih menu tools
  3. Lalu klik combine files
  4. lalu pilih menu add files yang letaknya berada dibawah tulisan combine files, yang berguna untuk menambah file sesuai dengan keinginan.
  5. Pilih file yang ingin digabung, selanjutnya anda klik saja tombol combine
  6. Apabila sudah selesai anda pilih saja save as.
  7. Selanjutnya anda namai saja file yang telah anda gabungkan ini.
  8. Lalu klik oke

Foxit Phantom Reader

Selanjutnya disini anda bisa menggunakan software yang bernama Foxit Phantom Reader untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu. Software ini sendiri dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Foxit Corporation.

Aplikasi ini juga banyak digunakan karena memiliki software yang kecil. Nah, untuk cara menggabungkan filenya yaitu ikuti beberapa langkah berikut.

  1. Pastinya anda instal dulu software tersebut
  2. Buka aplikasinya lalu anda pilih file
  3. Klik create lalu pilih from multiple file
  4. Lalu ceklish pada bagian Merge multiple files into a single PDF file
  5. Kemudian anda pilih add files, selanjutnya pilih file pdf yang ingin anda gabungkan
  6. Klik oke dan selesai

Website Combine PDF

Situs Website Combine PDF juga telah menyediakan fitur yang bisa anda pakai untuk menggabukan beberapa file. Tak hanya itu situs ini juga sangat mudah untuk digunakan, berikut adalah tata cara penggunaannya.

  1. Pertama buka situs https://combinepdf.com/ ini
  2. Apabila anda sudah masuk lalu pilih opsi upload file
  3. Plih dile yang ingin anda gabungkan, website ini juga memungkinkan anda untuk menggabungkan 20 file sekaligus
  4. Setelah itu anda klik combine
  5. Selesai, file tersebut akan otomatis tersimpan pada penyimpanan perangkat anda

Website SmallPDF

Masih ada lagi situs yang bisa membantu anda dalam menggabungkan beberapa file menjadi satu. Situs ini juga mungkin sudah familiar ditelinga anda untuk mengconvert sebuah file secara online. Situs ini bernama Website SmallPDF, berikut langkah-langkah penggunaannya.

  1. Buka laman website smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf ini
  2.  Apabila anda sudah masuk anda klik saja pilih file
  3. Pilih file yang akan anda gabungkan
  4. Apabila anda sudah emngupload file tersebut selanjutnya klik saja gabungkan file
  5. Unduh file tersebut dan selesai

Website ILovePDF

Situs selanjutnya yang tak kalah populernya juga yaitu bernama Website ILovePDF. Situs ini juga telah banyak fitur yang bisa membantu anda dalam mengedit sebuah file yang mana salah satunya yaitu dengan mengambungkan file pdf. Berikut tutorialnya.

  1. Buka terlebih dahulu situs ilovepdf.com./merge_pdf ini
  2. Apabila sudah masuk dalam helaman utama lalau lilih select pdf file
  3. Pilih beberapa file yang ingin anda gabungkan menjadi
  4. Jika udah terupload anda pilih saja marge pdf
  5. Apabila proses penggabungannya ini sudah selelsai maka selanjutnya anda unduh dan akan secara otomatis masuk kedalam perangkat penyimpanan anda

Cara Menggabungkan PDF Via Android

Berikut ini merupakan cara mengubah file pdf dengan menggunakan perangkat smartphone anda, Yang mana dengan pekembangan dari teknologio sekarang ini hal apa saja bisa anda lakukan dengan mengunakan smartphone anda.

Disini anda sudah tidak pelu repot-repot untuk menggunakan laptop apabila anda ingin menggbukan sebuah file, cara ini juga jauh lebih mudah dan pastinya lebih simpel, Beriku beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan bermodalkan smartphone anda.

Aplikasi Xodo PDF Reader & Edito

Aplikasi pertama ini yang bisa anda pakai untuk menggabungkan file yaitu bernama Aplikasi Xodo PDF Reader & Edito. Dengan anda memakai aplikasi ini disini anda bisa membaca, serta menandatangani mengisi formulir dan ditambah juga dengan sinkrinisai dengan google drive, onedrive dan dropbox. Berikut merupakan cara penggunaan dari aplikasi ini.

  1. Pastikan anda mengunduh aplikasi Xodo PDF Reader & Edito ini terlebih dahulu
  2. Setelah mengunduhnya anda langsung saja buka aplikasinya dan pilih ikon (+) yang letaknya berada di pojok kanan bawah
  3. Selanjutnya nda plilih pdf from documenr, selanjuthy anda pilih saja file yang ingin anda gabungka menjadi satu.
  4. Apabila proses penggabungannya ini sudah selesai lalu anda klik marge
  5. Beri nama file pdf tersebut
  6. Pilih lokasi folder ini diletakkan
  7. Klik ok
  8. Selesai

Aplikasi PDFelement

Untuk aplikasi terakhir yang bisa anda pakai untuk menggabungkan file yairu bernama PDFelement. Aplikasi ini sendiri juga mempunyai beberapa fitur tembahan yaitu seperti Manajemen Berkas PDF, Markup & Anotasi PDF, File Sharing,  dan  Mengkombinasikan PDF. Berikut cara penggunaanya.

  • Instal terlebih dahulu aplikasi PDFelement ini
  • Buka aplikasi tersebut lalu pilih anda lengsung pilih saja yang ingin anda gabungkan selanjutnya unggah.
  • Klik ikion yg letaknya berada di pojok kanan atad agat bisa masuk ke mode edit
  • Pilih file yang ingin anda gabungkan selanjutnya pilih combine
  • Selesai

Sekian penjelsan dari saya tentang Cara Menggabungkan PDF Menjadi Satu (Gratis) ini. Semoga dengan beberapa cara yang telah dibagikan diatas dapat membantu anda. Terima kasih