Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Pada Windows

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 – Ketika sedang menjalakan dau aplikasi atau lebih yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan pada layar. Membagi layar pada laptop menjadi dua merupakan salah salah tips yang ampuh untuk menyelesaikan pekerjaan anda menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Misalnya seperti, pada saat kita sedang mengerjakan jurnal ilmiah yang perlu menggunakan aplikasi Windows Word dan Google Docs. Untuk cara membagi layar laptop agar bisa memnjadi dua bagian yang bisa memudahkan anda dalam mengerjakan hal tersebut secara bersamaan. Sehingga disini anda tidak perlu kerja dua kali.

Agar bisa menggunakan fitur ini pada laptop juga sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Yang mana dengan menggunakan pengaturan khusus yang terdapat pada laptop. Di setiap laptop pasti mempunyai pengaturan yang berbeda, namun secara teknis sebenarnya sama.

Fitur split screen di laptop atau pc yang mempunyai ukuran layar yang lebi hbesar pastinya akan sangat mendukung dalam segala pruduktifitas yang ada di layar laptop. Dengan adanya fitur ini, pastinya anda disini akan sangat terbantu ketika sedang mengerjakan suatu hal secara bersamaan.

Oleh sebab itu, untuk anda disini yang masih belum mengetahui cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian atau lebih. Maka disini anda bisa menyimak penjelasannya dibawah ini dengan seksama dan anda juga bisa mempraktekkannya secara langsung.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

Cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian ini sendiri nantinya akan memudahkan anda pada saat mengerjakan suatu hal yang membutuhkan dua apliaksi atau lebih. Oleh sebab itu, dengan anda memakai fitur split screen ini di laptop, disini anda bisa melakukan semua hal. Berikut langkah-langkah penjelasannya.

Dengan Menggunakan Krusor

Cara ini dapat membantu anda untuk membagi layar agar bisa menjadi dua bagian yang mana hanya dengan menggunakan krusor yang terdapat pada pc atau laptop anda. Dengan fitur ini anda akan sangat optimal dalam melakukan pekerjaan yang membutuh kan dua palikasi atu lebih.

Cara penggunaanya:

  1. Pertama buka aplikasi yang ingin anda sematkan
  2. Setelah itu arahkan krusor ke bilah judul pada aplikasi tersebut
  3. Lalau klik dan tahan mouse anda
  4. Selanjutnya anda tarik saja ke arah kakan atau kiri sesuai dengan keinginan anda hinga layarnya akan terbagi
  5. Selesai

Dengan anda menarik aplikasi ke salahs atu bagian, disini anda dapat menempelkannya ke salah sasu sudut yang anda ingin kan. Oleh karena itu, dengan hal ini disini anda bisa membagi layar menjadi dua bagian atau lebih sehingga dapat mempercepat segala aktivitas anda.

Dengan Snap Assist

Fitur ini adalah salah satu fitur dasar yang sudah ada pada laptop baik itu pada windows 7, 8, ataupun windows 10 apapun mereknya. Dengan snap assist ini anda bisa menyematkan aplikasi pada sisi tertentu yang ada di layar laptop yang masih mempunyai ruang.

Berikut cara menggunakan fitur tersebut.

  1. Pertama buka aplikai yang ingin anda sematkan
  2. Sematkan aplikai tersebut pada sisi yang anda inginkan
  3. Nantinya akan muncul beberapa thumbnail aplikasi yang lainnya
  4. Klik thumbnail dari aplikasi yang ingin anda sematkan
  5. Selesai

Dengan anda menggunakna fitur ini, seluruh aplikasi yang telah terbuka pada laptop anda nantiny akan menjadi thumbnail. Sehingga disini anda tidak perlu lagi langkah-langkah yang berulangkali untuk membagi layar pada laptop anda.

Dengan FancyZones

FancyZones yaitu termasuk dalam salah satu utilitas yang bisa anda gunakan untuk mengubah serta untuk mengatus tata letak di jendela aplikasi. Dengan anda memakai fitur ini anda bisa membagi layar laptop menjadi dua bagian atau lebih. Maka dengan demikian, disini anda bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Berikut cara penggunaan dari FancyZones ini:

  1. Pertma anda peerlu menginstall Net Core 3.1.13 Desktop Runtime jika anda belum pernah melakukannya.
  2. Selanjutnya anda pilih versi yang stabil
  3. Cari bagian aset
  4. Lalu klik tanda panah apabila halamannya disini belum tersedia
  5. Setelah itu klik PowerToysSetup-x.xx.x-x64 .
  6. Jalankan berkas apabila sudah di unduh, selanjutnya anda ikuti saja layar pemasangan
  7. Apabila sudah terpasang dan halamannya juga sudah mulai terbuka, lalu pilih FancyZones
  8. Klik pengaturan
  9. Disini anda perlu memastikan bahwa tombol geser di Anable pada FancyZones
  10. Setelah itu klik tombol luncurkan layout editor guna mengubah tata letakna
  11. Pilih tata letak sesuai dengan keinginan anda setelah itu klik edit
  12. Klik tombol simpan untuk menyimpan pengaturan
  13. Selesai

Dengan anda mengikuti beberapa cara yang telah dibagikan diatas, disini anda bisa membagi layar pada laptop menjadi dua bagian. Ditambah lagi dengan powertoys baru dan mendukung secara penuh arsitektur dari x64. Sedangkan untuk x86 dan ARM sendiri masih dikembagkan supayang agar bsia terhindar dari bug sehingga bisa digunakan dengannyaman.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Pada Windows

Dengan Menggunakan Keyboard

Cara selanjutnya yang tak hanya bisa dilakukan dengan cara yang telah dibagikan diatas saja. Disini anda juga bisa membagi layar laptop dengan menggunakan keyboard. Jika mouse atau touchpad yang anda guanakn ini sedang eror, maka untuk opsi selanjutnya anda bisa menggunakan keyboard.

Berikut caranya jika anda ingin membelah layar dengan menggunaka keyboard.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi yang ingin anda sematkan
  2. Selanjutnya klik tombil windows + aras dengan bersamaan yang berguna untuk menyesuaikan letak dari aplikasi.
  3. Lakukan hal yang sama pada aplikasi yang ingin anda sematkan juga
  4. Selesai

Itulah pembehasan yang telah saya berikan tentang cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian atau lebih pada windows. Setelah anda disni mengetahui dari beberapa penjelasan diatas, sehingga anda bisa mengerjakan suatu hal dengan lebih mudah. Tak hanya itu saja, dengan hal ini anda juga bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien dan cepat.

Sekian pembahsan yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga penjelsan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Sekian terima kasih.