Cara daftar Kartu Prakerja (Pembahasan Lengkap)

Cara daftar Kartu Prakerja – Bagi anda disini yang usianya sudah mencapai 18 tahun ke atas mungkin disini anda tak asing lagi dengan yang namanya Kartu Prakerja. Yang mana ini termasuk dalam alah satu program pemerintah Indonesia dalam membantu anda disini yang masih belum mendapatkan pelatihan pekerjaan.

Kartu Prakerja ini sendiri pertamakaslinya hanya di persiapkan dalam memberi subsidi untuk usia produktif mendapatkan pelatihan. Diharapkan apabila sudan memperoleh pelatihan anda disini akan menjadi sumber daya yang siap untuk kerja.

Memasukki dunia kerja pastinya disini anda harus paham, tak hanya bekal pendidikan yang harus anda miliki saja. Ketrampilan maupun skill juga wajib anda miliki, suppaya anda bisa memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anda itu sendiri.

Pada saat Pandemi Covid-19 mengguncang di seluruh dunia, Indonesia sendiri juga tak luput terkena dari imbas pendemi tersbeut. Banyak sekalai perusahaan yang gulung tikar yang dikarenakan oleh pandemi ini. Sehingga tak sedikit karyawan serta buruh ini dirumahkan. Ini lah dampak yang sangat mengerikan di sektor ekonomi akibat Covid-19.

Dalam membantu masyarakat yang tengah terdampak langsung dari pandemi covid-19, disini pemerintah telah memperluas fungsi dari Kartu Prakerja ini. Dengan memberikan Subsidi Dana Pelatihan dengan menggunakan Kartu Prakerja, diharapkan semoga masyarakat disini bisa berwiraswasta.

Unutk Dana Subsidi Kartu Prakerja yang mana diberikan dari Pemerintah unutk perorang yaitu sebesar Rp 3.550.000,- yang mana memiliki rincian Dana Pelatihan sebesar Rp 1.000.000,- Insentif subsidi untuk usaha yaitu Rp 600.000,- selama 4 bulan serta Dana persurvey sebesar Rp 50.000,- selama 3 bulan.

Sekilas Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupkan termasuk dalam Salah satu Progam dari Pemerintah yang mana untuk mempersiapkan tenaga kerja yang trampil serta mempercepat pertumbuhan dari ekonomi Indonesia. Sebab Pandemi Covid-19 ini sendiri telah menghantam fungsi Kartu Prakerja dengan di perluas dari kegunaannya tersbeut.

Tidak hanya pada usia Produktif, di masa Pandemi Covid-19 ini disini anda yang berusia dibawah dari 50 tahun dan terkena dampak juga bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan situs atau website resmi dari pemerintah.

Yang mana nantinya anda akan memperoleh pelatihan sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Ada banyak pilihan yang dapat anda peroleh pada pelatihan Kartu Prakerja. Dari pelatihan tersebutlah diharapkan anda mampu unutm membuka lapangan usaha sendiri.

Pada program Pelatihan Kartu Prakerja disini anda wajid menonton pelatihan yang telah diberikan dari mentor yang telah berpengalaman pada bidangnya ini. Hal ini penting supaya anda bisa menerapkannya pada usaha yang akan anda baru rintis ini.

Dengan adanya usaha sendiri disini anda diharapkan anda agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantas apa saja syarat serta ketentuan yang perlu dipenuhi? Untuk anda yang belum paham menganai Cara Daftar Kartu Prakerja, saya akan bantu anda dengan memberikan petunjuknya.

Syarat Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikutmerupkan beberapa ketentuan dan Syarat unutk mendaftar Kartu Prakerja terupdate 2021. Simak penjelasan lengkapnya.

  • WNI yang berusia 18 tahun keatas.
  • Bukan dari seorang Pejabat Negara, Anggota TNI/Polri, dan lain sebagainya.
  • Untuk maksimal pendaftar dua nomor NIK untuk satu KK
  • Tidak sedang Sekolah maupun sedang Kuliah.
  • Daftar melalui website resmi Kartu Prakerja serat anda perlu memberikan biodata dengan benar.
  • Mengikuti Program Pelatihan maupun Ketrampilan yang telah dibiayai oleh Pemerintah.
  • Memperoleh Dana Subsidi Kartu Prakerja yang mana diberikan dari Pemerintah untuk perorang yaitu sebesar Rp 3.550.000,- yang mana memiliki rincian Dana Pelatihan yaitu Rp 1.000.000,- serta unutk insentif subsidi usaha yaitu Rp 600.000,- selama 4 bulan dan juga Dana persurvey yakni sebesar Rp 50.000,- selama 3 bulan.
  • Selesai.

Pastinya anda akan memperoleh dana insentif subsidi usaha apabila anda telah menonton video pelatihan yang diberikan secara utuh dan lengkap. Menambah pengetahuan dalam dunia usaha yang sangat menguntungkan bagi diri kita. Bahkan langsung anda praktekkan atau jalankan.

Cara Daftar Kartu Prakerja Untuk Pembuatan Akun

Unutk anda disini yang belum mengetahui Cara Daftar Kartu Prakerja dalam Pembuatan Akun, berikut ini merupakan langkah-langkah yang bperlu anda ikuti.

  • Melakukan Pendaftarannya yaitu dengan anda masuk pada Situs Kartu Prakerja Prakerja.go.id dengan buat akun dengan memasukkan biodata yang benar.
  • Tunggu hingga Verifikasi balasan yang nantinya dikirimkan menuju email anda.
  • Ikuti Seleksi serta Test Kemampuan dasar supaya dapat bergabung untuk daftar gelombang.
  • Tunggu hingga Pengumuman Hasil Daftar Gelombang anda selanjutnya.
  • Apabila anda sudah berhasil bergabung dalam peserta Gelombang. Anda nantinya akan memperoleh Dana Subsidi Pelatihan yaitu sebesar Rp 1.000.000.-
  • Pilih Pelatihan pada Skill Academy maupun bisa juga dengan buka skillacademy.com beli Pelatihan Online pada kelas Prakerja.
  • Bayar via akun Kartu Prakerja yang mana menggunakan Voucer Skill Academy via Platform Digital resmi.
  • Masukkan kode voucer Skill Academy pada Pelatihan yang telah anda pilih serta selesaikan kelas latihan yang telah anda pilih tersebut.
  • Apabila anda sudah menyelesaikan Pelatihan, anda nantinya akan mendapatkan Sertifikat Elektronik.
  • Beri Ulasan pada Pelatihan anda pada dashboard Kartu Prakerja anda.
  • Selanjutnya anda akan memperoleh Insentif subsidi usaha yang mana sebesar Rp 600.000.- dan bisa anda dapatkan selama 4 bulan berturut-turut.
  • Isi 3 kali Survey Pelatihan yang anda ikuti, nantinya anda akan memperoleh dana persurvey yaitu sebesar Rp 50.000.- selama 3 bulan penuh.
  • Selesai.

Karena peserta yang sedang mendaftar pada Kartu Prakerja ini ,erupakan dari seluruh Indonesia pastinya untuk mendaftar tidak gampangmudah. Disini anda harus berlomba-lomba agar bisa masuk serta bergabung pada gelombang pendaftaran.

Cara Daftar Kartu Prakerja, Tahap Unggah Berkas

Sering kali kita dengar teman yang kesulitan dalam mendaftar Kartu Prakerja dalam tahap Unggah Berkas. Bikut Tipsnya.

  • Pastikan foto KTP yang telah anda unggah ini terlihat jelas sebab apabila foto KTP anda ini blur atau kabur, maka sistem nantinya tidak akan bisa membaca Boidata anda dengan jelas.
  • Ketika anda sedang melakukan foto selfi dengan KTP, pastikan dengan latar belakang yang terang sehingga disina hasil foto anda natinya akan terlihat bersih dan jelas.
  • Biodata maupun KTP anda juga harus yang masih berlaku maupun terbaru. Apabila KTP anda disini sudah mati atau kabur maka dipastikan dalam proses Unggah Berkas ini akan gagal.
  • Terakhir, Pastikan disini anda memiliki rekening bank yang masih aktif serta atas nama anda sendiri sendiri bukan atas nama orang lain.
  • Untuk Rekening Bank nya sendiri yang tidak ditunjuk dari pihak pemerintah sebagai Bank penyalur Dana insentif subsidi usaha, maka disini anda perlu memilik yang namanya akun Dompet Digital. Suapaya dana yang anda terima bisa dikirim dengan melalui akun dompet digital ke rekening Bank yang anda miliki.

Mengunggah berkas Biodata dalam Pendaftaran Kartu Prakerja merupakan termasuk dalam suatu keharusan. Apabila disini anda gagal dalam mengunggah berkas maka biodata anda nantinya otomatis pendaftaran anda akan gagal total.

Cara daftar Kartu Prakerja (Pembahasan Lengkap)

Cara Daftar Kartu Prakerja, Tahap Tes Seleksi

Sebenarnya disini anda tidak perlu bingung agar dapat mengetahui Cara Daftar Kartu Prakerja di Tahap Tes Seleksi yang satu ini. Sebab terdapat 3 opsi pilihan jawaban anda yang tetap akan benar. Berikut ini merupakan sedikit bocoran untuk anda.

  • Dari setiap Pertanyaan yang diberikan wajib anda isi atau jawab.
  • Jawaban dari pertanyaan tersebut harus ada kainyannya dengan pertanyaan yang sebelumnya.
  • Isi daru pertanyaan dengan jelas dan cepat sebab sesi ini menggunakan waktu.
  • Usahakan jawabantelah anda ini semua sebelum Tes tersebut berakhir.
  • Untuk jawaban yang memakai Diagram maupun Grafik pastikan perangkat anda disini dapat mengaksesnya.
  • Selesai.

Apabila kita perhatikan disini perangkat yang anda gunakan juga dapat mempengaruhi hal ini. Jadi usahakan Perangkat yang anda gunakan ini tidak terlalu jauh ketinggalan jaman, seba hal ininjuga akan mempersulit anda sendiri dalam tahap Tes Seleksi.

Sekian penjelasan tentang Cara daftar Kartu Prakerja (Pembahasan Lengkap) dari saya. Sekian terima kasih.