Cara Cek Sertifikat Vaksin (Pembahasan Lengkap)

Cara Cek Sertifikat Vaksin – Apakah anda disini telah melakukan Vaksinasi? Apabila sudah, alangkah baiknya kita menyimak ulas mengenai Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid 19 yang dapat anda lakukan. Dengan merebaknya Pandemi Covid-19 yang terjasi di seluruh dunia, mewajibkan setiap orang harus mengikuti kegiatan vaksinasi.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau sering juga disebt dengan PPKM merupakan salah satu bentuk program dari pemerintah untuk menekan angka penularan dari Virus Covid-19 yang ada di masyarakat perkotaan.

Dengan anda disini yang telah melakukan vaksinasi, anda akan diberi kelonggaran dalam beraktifitas di luar rumah. Pastinya sangat sangat penting sebab aktifitas di luar merupakan sebuah cara yang hampir dilakukan semua orang untuk mencari penghasilan.

Vaksinasi juga terbukti sangat efektif guna meningkatkan kekebalan tubuh dari penularan virus Covid-19 ini. Terbukti dengan turunnya dari angka penularan sekarang, setelah dari sebagian masyarakat yang sudah melakukan kegiatan vaksinisasi ini.

Dengan anda disini ikut dalam berpartisipasi pada program pemerintah dengan melakukan vaksin, anda dapat membantu pencegahan penularan, namun anda juga perlu ikut serta dalam memperbaiki perekonomian yang minus pada saat virus Covid-19 ini mewabah.

Apa itu Sertifikat Vaksin?

Sertifikat Vaksin yaitu Surat resmi yang mana surat ini diberikan petugas kesehatan untuk kita setelah ikut berpartisipasi melakukan Vaksinasi. Setelah Vaksinasi nantinya dari petugas kesehatan akan memberikan lembaran surat yang mana berisikan biodata kita.

Tak hanya dalam bentuk surat resmi, disini anda juga akan memperoleh sertifikat vaksin via SMS ke No HP yang anda tulis ketika sedang melakukan Vaksin pertama. Dan yang kedua ini sendiri bisa anda peroleh dengan cara mengunduh Aplikasi Peduli Lindungi yang ada di Playstore.

Setelah anda disini berhasil mengunduhnya, anda tinggal masuk pada aplikasi tersebut. Setelah itu anda memasukkan biodata dan no Vaksin yang anda terima pada surat resmi yang diberikan oleh petugas Kesehatan pada saat sedang melakukan Vaksin.

Pastikan anda ikut serta diprogram pemerintah dalam melakukan vaksin. Pastinya Sertifikat Vaksin akan anda dapatkan secara resmi dari petugas kesehatan, apabila disini anda telah melakukan Vaksinasi di mana anda berada tinggal.

Cek Sertifikat Vaksin Pertama Via Apk Pedulilindungi

Disini saya akan membagikan tiga cara untuk melakukan cek sertivikat vaksin. Unutk mengetahui Cek Sertifikat Vaksin bisa dengan mengguanakan PeduliLindungi yang sudah ada di Play Store. Ketiga cara ini pastinya bisa memudahkan anda dalam mendapatkan sertifikat vaksin secara cepat.

Langkah-langkah ini bisa anda lakukan semua dengan menggunakan Handphone anda. Berikut ini akan saya akan memberikan langkah-langkah dalam melakukan pengecekannya.Dalam Cek Sertifikat Vaksin via Aplikasi Pedulilindungi bisa anda lakukan dengan mudah. Ikuti langkah-langkah tutorialnya sebagai berikut.

  • Pertama anda unduh terlebih dahulu Aplikasi Pedulilindungi paa platform Google Play Sore maupun pada App Store atau anda bisa klik DISINI melalui di HP anda.
  • Lalu anda bisa masuk ke aplikasi itu.
  • Ketik Mendaftar apbila anda belum mempunyai akun.
  • Pada saat Log In mendaftar anda nantinya akan di kirimkan kode yang harus anda input.
  • Apabila telah berhasil anda bisa masuk ke halaman menu, disini anda tinggal pilih sertifikat vaksin.
  • Disini anda perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan pada KTP anda.
  • Selanjutnya klik unduh atau download.
  • Selesai.

Tunggu beberapa saat, apabila peroses unduh telah selesai, maka secara otomatis sertifikat vaksin telah tersimpan pada i file folder HP anda.

Cek Sertifikat Vaksin Pada Apk Pedulilindungi Via SMS

Cara Cek Sertifikat Vaksin orang lain kedua ini bisa dikatan sangat sederhana dan pastinya juga sangay praktis. Bahkan disini anda tidak membutuhkan HP Android untuk melakukan [engecekan tersebut. Karena cara ini cukup mudah hanya dengan melalui nomor Handphone yang anda gunakan.

Untuk mengetahuinya disini anda tingalmengikuti ikuti langkah-langkah sederhana yang telah dipaparkan berikut.

  • Buka menu pesan di Handphone yang anda gunakan, buka pesan dari pengirim 1199 ketika anda telah melakukan vaksin.
  • Biasanya akan terdapat 2 pesan yang anda terima ketika sedang melakukan vaksin.
  • Pesan pertama yaitu berupa sertifikat Vaksin Pertama yang nantinya akan di berikan secara Online berikut dengan tautannya.
  • Pesan Kedua berisi mengenai biodata diri anda, yang mana seperti nama lengkap, NIK, nomor Vaksinasi, serta jadwal vaksin kedua lengkap berserta dengan tanggal dan lokasinya.
  • Apabila anda ingin mengunduhnya, disini anda tinggal klik tautan yang terdapat pada kotak pesan itu selanjutnya sambungkan dengan kabel USB dengan laptop atau komputer desktop anda.
  • Selesai.

Setelah disini anda berhasil mengunduhnya, maka otomatis sertifikat vaksin akan tersimpan pada Handphone yang anda gunakan sekarang.

Cek Sertifikat Vaksin Dengan NIK

Cara ketiga atau terakhir yang bisa anda lakukan unutk Cek Sertifikat Vaksin Tahap 2 yaitu melalui NIK. Bagaimana caranya? Disini anda harus membuka situs maupun Website Pedulilindungi pada mesin pencarian anda.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung ikuti saja penjelasan selengkapnya berikut ini.

  • Buka mesin pencarian yang terdapat pada smartphone anda.
  • Ketik pada menu pencarian Pedulilindungi.id apabila sidah tampil pada layar HP anda lalu buka.
  • Apabila anda belum mempunyai akun, anda klik saja Register atau mendaftar.
  • Apabila anda telah mempunyai akun anda bisa Klik tombol Log In pada situs tersebut.
  • Selanjutnya anda nantinya akan di berikan kode yang perlu anda di input pada situs tersebut.
  • Pada saat anda berhasil masuk, pilih menu sertifikat Vaksin di tampilan menu website tersebut.
  • Masukkan NIK yang terdapat pada KTP anda.
  • Lalu anda klik saja unduh atau download Sertifikat Vaksin.
  • Tunggu sampai proses unduh ini berlangsung ini selesai.
  • Selesai.

Setelah proses unduh ini telah selesai, Sertifikat Vaksin anda nantinya akan otomatis tersimpan pada file folder HP Android anda.

Cara Cek Sertifikat Vaksin (Pembahasan Lengkap)

Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Mungkin terdapat pertanyaan mengapa kita telah melakukan vaksih tapi sertifikatnya tidak muncul? Mengkin pertanyaan seperti ini terkadang muncul dengan orang terdekan anda Atau mungkin saja disini anda yang mengalami masalah ini sendiri?

Disini anda tidak perlu panik, berikut ini saya akan berikan sedikit tips untuk Cek Sertifikat Vaksin tanpa no Hpsupaya bisa muncul. Pada umumnya biodata yang anda input mungkin belum lengkap. Disini anda bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Disini anda perlu melakukan pengecekan ulang pada data-data yang anda input di Apk Pedulilindungi.
  • Apabila disini and menemukan kesalahan, laporkan ke petugas kesehatan tempat anda melakukan vaksinasi maka petugas nantinya tinggal memperbaiki serta akan merregistrasinya ulang.
  • Jika disini anda tidak menemukan kesalahan, anda dapat menghubungi petugas call center 119 yang tersedia.
  • Apabila anda sudah menyampaikan keluhan via email ke [email protected]
  • Selesai.

Singkatnya dengan anda memberikan biodata yang benar amakan akan memudahkan petugas dalam menginput data anda. Pastikan ejaan nama, alamat, NIK, no HP yang anda masukkan sesuai dengan data yang ada di KTP di berikan dengan benar semua.

Partispasi anda disini dalam mendukung program vaksin sangat dibutuhkan. Sebab semakin cepat pandemi Covid-19 berakhir, maka akan semakin cepat pula angka penularan menurun dan yang pasti perekonomian juga akan semakin membaik.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Cek Sertifikat Vaksin (Pembahasan Lengkap). Semoga penjelasan ini mudah dipahami dan dapat membantu anda, sekian terima kasih.