Cara Cek Bantuan UMKM Online Terlengkap dan Terbaru

Cara Cek Bantuan UMKM – Hal ini penting untuk anda lakukan agar anda dapat mengetahu bantuan UMKM anda sudah bisa dicairkan atau belom dari pihak Bank yang ditugaskan untuk menyalurkan bantuan. BRI dan BNI merupakan bank yang mana ditugaskan oleh pemerintah sebagai Bank penyalur dana bantuan.

Dengan adanya bantuan UMKM inilah Pemerintah berharap sektor UMKM agar tetap bertahan serta dapat berjalan ditengah minusnya Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional ini. Serta bisa perlahan dapat menggerakkan Pertumbuhan ekonomi secara Nasional ke arah yang positif.

Tak hanya berperan dalam mendongkrak ekonomi secara Nasional dari sektor Usaha Mikro dan Menengah saja. Pastinya dengan adanya Program ini juga bermaksud untuk agar bisa membantu para pelaku usaha UMKM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mereka butuhkan.

Dengan melalui Kementerian Koperasi serta UKM pemerintah dalam menyalurkan bantuan UMKM yang disebut juga dengan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). BPUM ini ini anda dapatkan setelah anda mendaftar dengan syarat dan ketentuan yang telah diterapkan.

Supaya anda bisa lebih jelas untuk mengetahui cara cek bantuan UMKM atau BPUM ini secara lebih lengkap dengan melalui BRI dan BNI yang merupakan sebagai Bank Penyalur.

Bantuan UMKM

UMKM sendiri merupakan salah satu Program dari pemerintah yang memberikan Subsidi untuk para pelaku Usaha Mikro dan Menengah yang berbentuk Bantuan Langsung secara Tunai karena sedang terkena dampak dari Covid-19.

Bantuan tersebut bisa anda terima apabila anda disini sudah berhasil mendaftar dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. BLT UMKM atau BPUM iniadalah sebagai bentuk kepedulian dari Pemerintah untuk sektor UMKM yang sedang terkena dampak dari Pandemi.

Besaran BLT UMKM ini yaitu Rp 1,200,000,- yang berlaku untuk perpelaku usaha. Apabila anda disini termasuk yang telah memperoleh bantuan UMKM dari tahun sebelumnya, maka pada tahun 2021 ini anda sudah tidak perlu mendaftar lagi.

Pastinya untuk anad yang sudah menerima bantuan UMKM pada tahun 2020 anda tetap saja harus memberikan laporan hasil dari bantuan yang anda terima sebelumnya. Pastinya hal ini dibuktikan dengan usaha anda yang masih bertahan dan juga berjalan.

Perkembangan UMKM di Indonesia Untuk

mengantisipasi daru dampak ekonomi yang semakin melemah karena diakibatkan oleh dampak dari covid-19. Berbagai macam upaya terus dilakukan oleh pihak pemerintah agar dapat membenahi sektor UMKM agar menjadi lebih baik.

Berbagai macam program telah diterbitkan oleh pemerintah supaya pada sektor UMKM bisa terus berjalan dan tetap bertahan. Pastinya apabila sektor UMKM ini berjalan secara positif maka akan mendongkrak pertumbuhan dari ekonomi ini secara Nasional.

Langkah terobosan dalam membantu pelaku usaha UMKM yang terus dilakukan. Berikut ini merupakan penjelasantenta Program Pemerintah supaya sektor Ekonomi Nasional dapat bergerak ke arah yang positif.

1. Menurunnya Tarif PPH Final

Melalui Kementerian Keuangan Pemerintah yang memberikan potongan pada Tarif PPH Final Pajak Penghasilan pada segala sektor usaha. Diharapkan dengan adanya penurunan pada Tarif PPH Final nisa meringankan untuk para pelaku usaha.
Dengan turunnya Tarif pada PPH Final ini, pajak yang dibebankan Pemerintah selama ini bisa memberikan angin segar dalam dunia usaha. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan ditengah daya beli masyarakat yang kian menurun secara drastis.

2. Pemanfaatan Sarana Teknologi, Informasi dan Komunikasi

Kementerian Komunikasi serta Informasi bersinergi dengan lintas Kementerian juga tidak mau ketinggalan, dengan melalui situs resmi Kementerian mereka memberikan info mengenai sarana Tekhnologi, Informasi serta Komunikasi.

Website maupun situs tersebut dapat adna akses secara gratis pada laman Kementerian terkait. Pelatihan ini adpat anda pelajari secara Online mengenai sektor usaha UMKM yangdapat anda jalankan ditengah mana Pandemi covid 19.

3. Peminjaman Modal Usaha yang Mudah

Sebelum adanya pandemi pastinya anda disini merasakan birokrasi yang berbelit-belit dalam mengajukan peminjaman untuk Modal Usaha. Sekarang hal tersebut tidak akan terjadi, dengan melalui Bank Pemerintah maupun dari Bank Daerah syarat untuk Peminjaman Modal Usaha sekarang sudah dipermudah.

Hal ini dilakukan supaya dalam sektor Ekonomi serta untuk para pelaku UMKM khususnya bisa terus menjalankan usahanya dengan lancar. Dengan adanya Peminjaman Modal Usaha yang telah dipermudah ini diharapkan dalam sektor usaha Mikro dan Menengah agar tetap bisa berjalan secara normal.

Syarat Mendapatkan Bantuan UMKM

Supaya anda bisa memperoleh UMKM pastinya ada ketentuan serta syarat yang perlu anda penuhi terlebih. Nah berikut ini merupakan beberapa syarat agar bisa mendapatkan bantuan UMKM diantaranya yaitu:

  • Untuk para penerima BLT UMKM ini sendir diatur pada Permenkop dan UKM No.2 tahun 2021 mengenai Pedoman Penyaluran BPUM.
  • Penerima BLT UMKM yang telah mendapatkan pada tahun 2020 disini tidak diwajibkan untuk mendaftar ulang agar dapat menerima BLT UMKM tahun 2021.
  • Dana BPUM ini bisa anda cairkan dengan melalui BRI, BNI, Bank Daerah serta bisa juga dari PT Pos Indonesia.
  • BPUM atau BLT UMKM ini merupakan Dana Hibah dan bukam bukan termasuk dalam Dana Kredit atau Pinjaman.
  • Dana tersebut dikirimkan secara langsung ke rekening dari Penerima BLT UMKM, apabila anda belum memilik rekening, nantinya anda akan dibuatkan rekening ketika pencairan oleh Bank Penyalur.
  • Bagi Penerima yang mempunyai alamat berbeda [ada KTP dengan tempat usaha, anda bisa berkoordinasi langsung dengan Kantor atau Dinas Koperasi dan UKM setempat.
  • Disini anda perlu melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) ketika sedang pengajuan.
  • Proses pengajuan ini bisa anda lakukan secara berkelompok dengan melalui Ketua Kelompok ke Lembaga yang terkait.

Itulah beberapa ketentuan serta syarat yang telah saya kutip dari laman resmi twitter @KemenkopUKM. Untuk anda disini yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara cek bantuan UMKM, disini anda bisa mendatangi Dinas Koperasi serta UKM ditempat anda tinggal.

Cara Cek Bantuan UMKM

Pada dua Bank yang telah ditunjuk pemerintah sebagai penyalur dana ini, disini anda wajib untuk mempunyai rekening dari salah satu Bank yang ditunjuk yaitu BNI dan BRI. Hal ini bertujuan agar dapat memudahkan anda dalam menerima bantuan UMKM maupun BPUM. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara Cek Bantuan UMKM Melalui BNI

Apabila anda punyai rekening Bank BNI disini saya akan membantu untuk cara cek bantuan UMKM dengan melalui BNI secara Online. Disini nantinya anda akan mengetahui apakah anda disini terdaftar atau tidak dalam menerima bantuan. Ikuti cara-caranya berikut ini.

  • Petama, anda pelu membuka halaman pencarian pada perangkat anda.
  • Lalu anda bisa lengsung mengetikkan saja banpresbpum.id pada kolom pencarian.
  • Apabila sudah terbuka lalu anda masuk ke halaman utama.
  • Selanjutnya disini anda pelu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom menu tersebut lalu klik.
  • Tunggu sampai anda dapat balasan apakah NIK anda sidah terdaftar atau belum.
  • Apabila nama anda disini sudah muncul berarti anda disini sudah terdaftar sebagai penerima BPUM.
  • Disini anda bisa langsung mendatangi Bank Penyalur yang mana disini anda perlu membawa KTP, ATM, SPTJM dan Buku Tabungan.
  • Apabila semua persyaratan yang dibutuhkan oleh Bank Penyalur telah anda penuhi. Dana sebesar Rp 1.200.000,- akan ditransfer Bank Penyalur menuju rekening yang anda gunakan sekarang.
  • Selesai

Cara Cek Bantuan UMKM Online Terlengkap dan Terbaru

2. Cara Cek Bantuan UMKM Via Eform BRI

Cara cara cek bantuan UMKM yang kedua yaitu dengan melalui Eform BRI. DIsini anda juga wajib untuk mempunyai rekening Bank BRI agar dapat menerima BLT UMKM atau BPUM tersebut.

Supaya anda bisa mengetahuinya secara Online apakah anda disini terdaftar atau tidak dalam Penerima BLT UMKM atau BPUM, marik simak penjelasannya dibawah ini.

  • Pertama anda pelu buka kolom pencarian yangterdapat pada perangkat yang anda gunakan lalu anda bisa langsung ketik saha https://eform.bri.co.id/ atau BPUM lalu klik.
  • Setelah anda disini masuk ke halaman utama situs tersebut.
  • Lalu anda disini juga perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)lalu Verifikasi.
  • Selanjutnya anda scrool ke menu proses Inquiry selanjutnya anda klik.
  • Tunggu beberapa saat hingga nama anda muncul dalam pemberitahuan anda sebagai penerima bantuan tersebut.
  • Apabila nama anda disini muncul anda bisa melakukan pemesanan antrean.
  • Isi data yang diperlukan misalnya seperti NIK, alamat dan data yang diminta nantinya.
  • Selanjutnya isi kode verifikasi tersebut kemudian anda klik nantinya anda akan mendapatkan nomor antrean.
  • Lalu anda bisa langsung mengunjungi Kantor Cabang BRI sesuai nomor antrian yang sebelumnya anda terima.
  • Bawa dokumen yang dibutukan seperti KTP, ATM, SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dan juga anda perlu membaca Buku Tabungan.
  • Apabila persyaratan tersebut telah anda penuhi, Dana BLT UMKM atau BPUM yang sebesar Rp 1.200.000.- akan langsung masuk ke rekeningyang anda gunakan sekarang.
  • Selesai

Dana bantuan yang sudah masuk ke rekening anda, anda bisa menariknya langsung melalui ATM Bank. Lalu dengan uang tersebut bisa anda pakai sebagai modal usaha supaya usaha anda tetap bertahan dan berjalan dengan lancar.

Demikian penjelasan mengenai Cara Cek Bantuan UMKM Online Terlengkap 2021. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda dalam melakukan pengecekan untuk bantuan UMKM. Sekian terima kasih.

Baca juga: