Olahraga

Api Obor Singgah di Pesanggarahan Bung Karno

Simalungun – Wakil Bupati Simalungun Imran Sinaga mengharapkan datangnya obor Asian Games bisa menjadikan preseden yang baik bagi Danau Toba. “Semoga kejadian bencana yang lalu tidak terulang kembali,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Simalungun saat menerima api obor Asian Games di Rumah Pesanggarahan Bung Karno di Parapat, Simalungu, Selasa (31/7).

Warga Simalungun, kata Imran  menyambut gembira kedatangan obor Asian Games tersebut. “Tentu saja warga Simalungun menyambut senang api obor Asian Games,” ujarnya.

Api obor diinapkan di rumah pesanggrahan Bung Karno di Parapat. Menurut wakil bupati Simalungun, terpilihnya rumah pesanggrahan Bung Karno merupakan bukti tanda sejarah. “Ini bisa jadi bukti sejarah bahwa Bung Karno seorang proklamator Indonesia,” katanya.

Setibanya di rumah pesanggrahan Bung Karno, api obor yang berasal dari tinder box (lentera) diserahkan kepada Wakil Bupati Simalungun dari tim rombongan torch relay. Sebelum Simalungun, lentera singgah di kota Pematang Siantar.

Selanjutnya panitia menyalakan api di cauldron. Api berasal dari tinder box yang telah diserahterima. Api cauldron dinyalakan oleh wakil Bupati Simalungun. Cauldron yang digunakan berbentuk corong raksasa dan memiliki selang gas agar menjaga apinya tetap menyala hingga esok hari. Meski hujan gerimis, api obor tidak mengecil sedikit pun.

Keesokan paginya, Rabu (1/8) api dari cauldron digunakan untuk menyalakan obor yang akan dibawakan pelari. Pelari membawa obor dari Rumah Pesanggrahan Bung Karno sampai ke Pantai Bebas Parapat. Pelari tersebut merupakan atlet silat berprestasi Dahliana.

Sebelum itu, diadakan apel dan hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Paulus Waterpaw. Pada apel tersebut, yang menjadi inspektur upacara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharudin Siagian. Apel tersebut tampak hikmat.

Lepas apel, Kapoldasu melepas pelari yang membawa obor untuk selanjutnya berkeliling kota Parapat. Kemudian obor dibawa di atas kapal motor untuk berkeliling di Danau Toba. Kirab obor di Danau Toba diikuti beberapa kapal motor di belakangnya.

Banyak sekali masyarakat yang antusias menyambut obor Asian Games 2018 tersebut. Pelajar mulai ddari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas mengikuti konvoi atau rombongan pembawa obor. Di pantai Bebas Parapat, obor akan disambut oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Antusias tampak sekali di lapangan Pantai Bebas lantaran masyarakat dari segala golongan memenuhi lapangan tersebut.

Pagi yang dingin itu seolah tidak terasa bagi rombongan dan masyarakat yang antusias. Api obor menyemarakkan semangat masyarakat.

Tags
Lihat Lainnya

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close